==

Mesh calculator

Hasil Perhitungan:


Dalam simulasi CFD, dianjurkan untuk menggunakan inflation layer pada wall untuk mengcapture fenomena fisika di dekat wall secara akurat. Ada dua parameter yang perlu ditentukan pada mesh di dekat wall: Boundary Layer Thickness (BLT) dan First Layer Thickness (FLT).

BLT menunjukkan zona dimana profil kecepatan memiliki gradasi (perubahan nilai). Oleh karena itu, pada zona ini perlu menggunakan inflation layer agar profil gradasi kecepatan dapat tercapture dengan baik. Ketebalan inflation layer di wall disarankan sama dengan atau lebih tebal dari BLT.

Penentuan nilai Y Plus (non-dimensional) menyesuaikan kebutuhan simulasi. Untuk simulasi yang akurat dimana zona viscous sub-layer akan diresolve, disarankan untuk menggunakan nilai Y+ = 1. Untuk simulasi ringan dimana menggunakan wall function, bisa menggunakan nilai Y Plus lebih dari 30. Kalkulator disamping ini berfungsi untuk mengconvert nilai Y Plus (non-dimensional) menjadi FLT (dalam satuan meter).

==

heat transfer calculator

Hasil Perhitungan:


Grashof Number (Gr) merupakan salah satu parameter nondimensional pada aliran natural convection dimana memiliki karakteristik sama dengan Reynolds Number. Jika Reynolds Number menyatakan perbandingan antara inertia force dan viscous force, maka Grashof Number menyatakan perbandingan buoyancy force akibat natural convection dan viscous force. Semakin tinggi nilai Gr, maka akan semakin memiliki peluang untuk turbulen. Sebaliknya, semakin rendah nilai Gr, semakin aliran menjadi lebih laminar. Aliran mulai masuk ke zona turbulen kira-kira pada Gr = 1E+8.

==

humidity calculator

Hasil Perhitungan:


Saat melakukan simulasi HVAC, terkadang kita perlu melibatkan parameter kelembaban. Untuk melibatkan parameter kelembaban, diperlukan model species transport yang terdiri dari “Air dan “H2O” (vapor). Kalkulator ini berfungsi untuk mengubah kelembaban relative (%) dan temperature (C), menjadi kelembaban absolute (kg/kg). Pada Ansys fluent, parameter yang harus diinput adalah kelembaban absolut, bukan kelembaban relative, dimana kelembaban absolute sama dengan fraksi massa H2O dalam campuran species. Praktisnya, kita hanya perlu copy-paste nilai kelembaban absolute hasil perhitungan kalkulator ke kolom H2O mass fraction pada Ansys Fluent.

Address:

Centennial Tower Lvl 29

Jl. Gatot Subroto No. 24-25

Setiabudi, Jakarta Selatan

DKI Jakarta  Indonesia – 12930

Phone: +62 811 9800 348