Spesifikasi Laptop untuk AnsysCategory: QuestionsSpesifikasi Laptop untuk Ansys
Fauzan asked 10 months ago
Terkait dengan VRAM dari graphic card, apakah jumlah VRAM mempengaruhi dalam melakukan simulasi ANSYS (mulai dari pembuatan geometry sampai hasil)? Sebagai contoh jika ingin membeli laptop dengan graphic card MX330 dengan jumlah VRAM hanya 2GB, apakah masih bisa memenuhi syarat minimal dalam melakukan simulasi ANSYS? 
1 Answers
Djatmiko Erlambang answered 10 months ago
Ansys memiliki dua skema perhitungan. Perhitungan dengan CPU dan perhitungan dengan GPU (VGA). Umumnya, software-software di Ansys Workbench dalam kondisi default menggunakan perhitungan CPU, sehingga yang mempengaruhi kecepatan hitung adalah prosesor bukan VGA, oleh karena itu prosesor dengan jumlah core yang banyak akan jauh lebih cepat. Pada skema ini, VGA onboard (Intel HD Graphics) pun sudah cukup menghandle jalannya software, karena VGA berperan untuk visualiasi saja, tidak berperan dalam proses perhitungan.
Jika skema perhitungan dengan GPU/VGA diaktifkan, maka perhitungan dilakukan oleh cuda core yang ada di GPU. Semakin banyak jumlah cuda core, semakin cepat. Perhitungan dengan GPU pun biasanya dilakukan untuk simulasi advanced/industrial scale. Pastikan juga VGA yang dimiliki ada cuda corenya.
Your Answer