Run Calculation VariableCategory: QuestionsRun Calculation Variable
Ridwan asked 10 months ago
Ijin bertanya simulasi fluent yang steady, setup ketika run calculation ada Time Step, Max. Iteration/Time Step, & Number of Time Step. Untuk menentukan nilainya apakah ada aturan khusus supaya nilai yang kita masukkan bisa konvergen ?
2 Answers
Djatmiko Erlambang answered 10 months ago
Apakah yang dimaksud saat running transient?. Setahu saya opsi2 tersebut hanya ada saat kondisi transient. Jika memang benar transient, maka langkah pertama tentukan dulu time step (s) -nya. Untuk hasil yang mudah converge disarankan untuk menggunakan formula berikut:
TimeStep(s) = ukuranSelTerkecil(m) / prediksiKecepatanAliran(m/s)
Prediksi kecepatan aliran dikira-kira saja nilainya. Setelah menghitung timestep, langkah berikutnya adalah menentukan lama simulasi mau berapa detik, misalkan kita ingin melakukan simulasi selama 100 detik. Jika timeStep(s) dari perhitungan sebelumnya adalah 0.1, maka NumberOfTimeStep yang perlu kita input adalah 1000. Perhitungan NumberOfTimeStep(s) sesuai dengan formula berikut:
NumberOfTimeStep = LamaSimulasi(s) / TimeStep(s)
Untuk menentukan max. iterationPerTimeStep, tidak ada aturan khusus. Namun, jika anda menggunakan formula diatas sebagai dasar perhitungan, biasanya 20 iterasi sudah cukup untuk mencapai konvergensi. Hal ini disebabkan karena formula diatas memiliki asumsi courantNumber=1 jadi cukup mudah untuk konvergen (silahkan untuk merujuk kepada artikel berikut https://en.wikipedia.org/wiki/Courant%E2%80%93Friedrichs%E2%80%93Lewy_condition). Jika saat perhitungan tidak konvergen, bisa tambah nilainya menjadi 50,100, atau berapapum itu agar konvergen.
Andry answered 10 months ago
iya, betul pak. Simulasi yang dilakukan adalah transient.
Terima kasih atas ilmu nya.
Your Answer